Inilah 9 Jurus Pasangan Cagub PKS Atasi Kemacetan

Calon Gubernur (Cagub) DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid dan calon Wakil Gubernur (Cawagub) Didik J Rachbini, telah menyiapkan jurus untuk mengatasi masalah transportasi di Jakarta.
Didik J Rachbini, mengatakan pasangan itu telah memiliki sembilan jurus untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota. Singapura merupakan sebagai salah satu negara yang akan dijadikan acuan pasangan tersebut.
“Saya ada sembilan jurus yang penting untuk dilakukan, pertama Mass Rapit Transit (MRT). Di Singapura dan negara lain MRT itu untuk membawa penumpang yang banyak,” kata Didik kepada wartawan di Jakarta, Jumat (23/3/2012).
Jurus kedua, pihaknya akan melakukan langkah pembenahan transportasi kereta api secara radikal, dengan sistem double track. “Double track untuk kereta api. Itu sangat mungkin dilakukan. Kalau perlu atas bawah. Jadi, dengan 2 ini kita lakukan langkah-langkag transportasi yang radikal,” ujarnya.
Ketiga adalah dengan melakukan monorel. Menurutnya, pembangunan monorel yang belum tuntas agar segera selesaikan. “Tiang yang sudah lumutan itu, kalau kita diberi amanat, itu harus jalan, dan harus ditambah,” kata politisi PAN itu.
Dilanjutkannya, selain membenahi sistem transportasi Ibu Kota, pihaknya juga akan melakukan pembenahan jalan tol dalam kota. “Jalan tol kota yang melingkar. Tol antara Kampung Rambutan. Kalaupun ada jalan tol, untuk basenya tolnya harus murah, kalau bisa bebas subsidi,” jelasnya.
Selain itu, MRT juga akan dibangun di beberapa tempat yang strategis seperti Bogor, bandara, pelabuhan. “Mulai dari pasa rumput langsung ke bandara, pelabuhan, bogor dan tempat strategisnya,” ucapnya.
Jurus keenam, pihaknya akan merubah perilaku kelembagaan, serta mempererat melakukan kerja sama dengan Polda Metro Jaya. “(Polda) Kita ajak kerjasama. Contoh, di Lenteng kalau tidak ada polisi macet, kalau ada itu lancar. Dan ini yang akan kita tingkatkan. walaupun bukan otoritas kita,” ujarnya.
Ia melanjutkan, pembatasan kendaraan juga menjadi prioritas untuk mengatasi kemacetan. Misalnya, dengan membatasi kendaraan lama. “Pembatasan kendaraan. Kendaraan yang sudah lama kita cut,” ujarnya.
Lebih lanjut, pihaknya juga akan menertipkan parkiran. “Soal perkiran, kita tidak bikin terlalu murah dan tidak mahal,sehingga orang lebih tertarik menggunakan transportasi umum. Konsolidasi kendaraan kecil. Seperti berkali-kali naik kendaraan, kita ganti dengan volume yang besar,” tandasnya.[bay]
Sumber : http://metropolitan.inilah.com/read/detail/1843849/inilah-9-jurus-pasangan-cagub-pks-atasi-kemacetan

Posting Komentar untuk "Inilah 9 Jurus Pasangan Cagub PKS Atasi Kemacetan"