Orasi Ketua Majelis Syuro dalam Milad PKS ke 13 Gelora Bung Karno

Jakarta 17 April 2011
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Setiap hari selalu ada yang memperingati hari ulang tahun kelahiran, baik sebagai pribadi atau kelahiran komunitas-komunitas, atau kelahiran organisasi-organisasi, atau kelahiran bangsa-bangsa. Kita hari ini bersama-sama dengan riayah dan inayah dari Allah SWT, juga memperingati kelahiran lembaga perjuangan ini : Partai Keadilan Sejahtera,
Hadirin dan hadirot yang dimuliakan Allah SWT
Yang paling penting dalam memperingati kelahiran adalah membangkitkan rasa syukur kepada Allah SWT.
لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ
"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".(QS Ibrahim 7)
Kalau kita pandai bersyukur , Allah akan memberikan tambahan atas nikmatnya kepada kita. Untuk memantapkan syukuran kita, kita harus memahami makna dari kelahiran kita, makna dari kelahiran setiap insan, makna dari kelahiran setiap umat dan setiap bangsa
Hadirin hadirot yang dimuliakan Allah SWT
Kita tidak akan lahir di dunia ini kecuali disebabkan karena adanya mawaddah warohmah dari kedua orang tua kita. Kita lahir karena adanya kasih sayang dari dua orang tua kita, kita lahir melalui kasih sayang kedua orang tua, kita lahir disambut dengan kasih sayang kerabat kita semua. Maka kita lahir pun membawa kasih sayang kepada seluruh lapisan bangsa, dan masyarakat dunia.
Kitapun lahir setelah wulidna bil mahabbah, kita juga lahir dengan kemuliaan dan kejayaan
وَلِلَّهِ الْعِزَّةُ وَلِرَسُولِهِ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَلَكِنَّ الْمُنَافِقِينَ لَا يَعْلَمُونَ
Padahal izzah (kemuliaan) itu hanyalah bagi Allah, bagi Rasul-Nya dan bagi orang-orang mukmin, tetapi orang-orang munafik itu tiada mengetahui. (QS Munafiqun 8)
Allah pun memberikan kemuliaan pada kita :
وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا
dan Sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (QS Al Isro 70)
Wulidna bilizzah wal karomah. Oleh karena itu kita tidak menerima posisi hina dan posisi rendah. kita -insya Allah- wulidna bil izzah wal karomah.
Hadirin- hadirot yang dimuliakan Allah SWT
Kitapun lahir ke dunia ini karena tugas dan tanggung jawab, wulidna bil amanah wal masuliyah.Kita lahir dibebani oleh Allah dengan membawa fungsi ibadah dan khilafah. Di pundak kita ada amanah besar yang tidak boleh kita khianati. Kita lahir dengan tanggung jawab, amanah dan tanggung jawab yang sebelumnya ditawarkan kepada makhluk-makhluk lain ..
إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا وَأَشْفَقْنَ مِنْهَا وَحَمَلَهَا الْإِنْسَانُ إِنَّهُ كَانَ ظَلُومًا جَهُولًا
Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, Maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu Amat zalim dan Amat bodoh (QS Al Ahzab 72)

Kita memikul amanah, kita memikul tanggung jawab, amanah ini harus kita tunaikan. Karena penglihatan, pendengaran dan hati kita akan dipertanggung jawabkan.
إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا
Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya (QS al-Isra 36)

Kader PKS, kader partai dakwah, kader gerakan dakwah ... harus meyakini:
Satu : wulidna bil mahabbah warohmah : kita lahir dengan membawa visi menyebarkan kasih sayang
Dua : wulidna bil izzah wal karomah : Kita lahir dengan kehormatan dan untuk meraih kejayaan
Tiga : wulidna bil amanah wal mas’uliuyah : Terus dan terus mengemban amanah dan memikul tanggung jawab. Yang insya Allah akan dihadapkan kepada Allah sejauh mana amanah itu kita tunaikan.
Kader PKS yang mengemban misi amanah ini, lain syakartum la azidannakum. Hari ini adalah hari syukuran besar, yang berarti -insya Allah - kita akan mendapatkan kemenangan-kemenangan besar.
Allahu akbar 3x.

Posting Komentar untuk "Orasi Ketua Majelis Syuro dalam Milad PKS ke 13 Gelora Bung Karno"